Kecerdasan
Buatan dan Permainan (AI and Games)
9.1. Kecerdasan Buatan vs. Game
AI
Kecerdasan (Artificial Intelligence atau AI) didefinisikan sebagai kecerdasan
yang ditunjukkan oleh suatu entitas
buatan. Sistem seperti ini umumnya dianggap komputer. Kecerdasan diciptakan dan
dimasukkan ke dalam suatu mesin (komputer) agar dapat melakukan pekerjaan
seperti yang dapat dilakukan manusia. Beberapa macam bidang yang menggunakan
kecerdasan buatan antara lain sistem pakar, permainan komputer (games),
logika fuzzy, jaringan syaraf
tiruan dan robotika.
Penelitian dalam AI menyangkut pembuatan mesin untuk mengotomatisasikan
tugas-tugas yang membutuhkan perilaku cerdas. Termasuk contohnya adalah
pengendalian, perencanaan dan penjadwalan, kemampuan untuk menjawab diagnosa
dan pertanyaan pelanggan, serta pengenalan tulisan tangan, suara dan wajah.
Hal-hal seperti itu telah menjadi disiplin ilmu tersendiri, yang memusatkan
perhatian pada penyediaan solusi masalah kehidupan yang nyata. Sistem AI
sekarang ini sering digunakan dalam bidang ekonomi, obat-obatan, teknik dan
militer, seperti yang telah dibangun dalam beberapa aplikasi perangkat lunak
komputer rumah dan video game.
Pengertian Game
Game adalah permainan komputer yang dibuat dengan teknik dan metode
animasi. Permainan game merupakan bidang AI yang sangat populer berupa
permainan antara manusia melawan mesin yang mempunyai intelektual untuk
berpikir. Komputer dapat bereaksi dan menjawab tindakan-tindakan yang diberikan
oleh lawan mainnya.
Salah satu komputer yang ditanamkan AI untuk game bernama Deep Blue. Deep
Blue adalah sebuah komputer catur buatan IBM pertama yang memenangkan
sebuah permainan catur melawan seorang juara dunia (Garry Kasparov) dalam waktu
standar sebuah turnamen catur. Kemenangan pertamanya (dalam pertandingan atau
babak pertama) terjadi pada 10
Februari 1996, dan merupakan permainan yang sangat
terkenal.
Kini telah banyak berkembang game AI yang semakin menarik, interaktif,
dan dengan grafis yang sangat bagus. Ditambah dengan kemajuan teknologi
jaringan komputer yang semakin cepat, sudah banyak terdapat game-game AI yang
berbasiskan online. Tidak
sedikit orang yang tertarik dengan game saat ini. Mereka memainkan game untuk mengisi
kekosongan waktu mereka atau pun melatih skill mereka dalam berpikir.
Sejarah Artificial Intelligence dalam Game
Pada tahun 1769, dataran Eropa dikejutkan dengan suatu permainan catur
yang dapat menjawab langkah-langkah permainan catur yang belum ditentukan
terlebih dahulu. Mesin ini disebut dengan Maelzel Chess Automation dan dibuat oleh Wolfgang Von Kempelan (1734-1804) dari Hungaria. Akan tetapi mesin
ini akhirnya terbakar pada tahun 1854 di Philadelphia Amerika Serikat.banyak
orang tidak percaya akan kemampuan mesin tersebut. Dan seorang penulis dari
Amerika Serikat, Edgar Allan Poe
(1809-1849) menulis sanggahan terhadap mesin tersebut, dia dan kawan-kawannya
ternyata benar, bahwa mesin tersebut adalah tipuan, dan kenyataannya bukanlah
aoutomation, tetapi merupakan konstruksi yang sangat baik yang dikontrol oleh
seorang pemain catur handal yang bersembunyi di dalamnya.
Usaha untuk membuat konstruksi mesin permainan terus dilanjutkan pada
tahun 1914, dan mesin yang pertama kali didemonstrasikan adalah mesin permainan
catur. Penemu mesin ini adalah Leonardo
Torres Y Quevedo, direktur dari Laboratorio
de Automatica di Madrid, Spanyol. Beberapa tahun kemudian, ide permainan
catur dikembangkan dan diterapkan di komputer oleh Arthur L. Samuel dari IBM dan dikembangkan lebih lanjut
oleh Claude Shannon.
Artificial Intelligence dalam Game
Salah satu unsur yang berperan penting dalam sebuah game adalah
kecerdasan buatan. Dengan kecerdasan buatan, elemen-elemen dalam game dapat
berperilaku sealami mungkin layaknya manusia.
Game AI
adalah aplikasi untuk memodelkan karakter yang terlibat dalam permainan baik
sebagai lawan, ataupun karakter pendukung yang merupakan bagian dari permainan
tetapi tidak ikut bermain (NPC = Non Playable Character). Peranan kecerdasan buatan
dalam hal interaksi pemain dengan permainan adalah pada penggunaan interaksi
yang bersifat alami yaitu yang biasa digunakan menusia untuk berinteraksi
dengan sesama manusia. Contoh media interaksi ialah:
- Penglihatan (vision)
- Suara (voice), ucapan (speech)
- Gerakan anggota badan ( gesture)
Untuk pembentukan Artificial Intelligence pada game ternyata digunakan
pula algoritma, yaitu jenis pohon n-ary untuk suatu struktur. Implementasi
pohon (tree) ini biasa disebut game tree. Berdasarkan game tree inilah sebuah
game disusun algoritma kecerdasan buatannya. Artificial intellegence yang
disematkan dalam sebuah game yang membentuk analisis game tree biasanya
merepresentasikan kondisi atau posisi permainan dari game sebagai suatu node,
dan merepresentasikan langkah yang mungkin dilakukan sebagai sisi berarah yang
menghubungkan node kondisi tersebut ke anak (child) sebagaimana representasi
suatu pohon (tree).
Namun, biasanya representasi langsung tersebut mempunyai kelemahan, yaitu
representasi data pohon akan menjadi sangat lebar dan banyak. Mungkin bagi
sebuah mesin komputer mampu melakukan kalkulasi sebanyak apapun masalah, namun
game tree yang lebar dan besar memberikan beberapa masalah, antara lain
konsumsi proses memori, kapasitas penyimpanan yang cukup besar dan kinerja yang
kurang pada konsol game berspesifikasi rendah. Karena itu dibentuklah beberapa
algoritma dan penyederhanaan bagi sebuah game tree.
Pada salah satu contoh game klasik, yaitu tic tac toe, penyederhanaan
dapat dilakukan dengan berbagai metode. Salah satu diantaranya adalah minimax.
Metode ini berhasil diterapkan dan memberikan nilai reduksi yang cukup
signifikan. Dan tidak hanya bisa digunakan secara monoton, minimax juga bisa
digunakan untuk game-game yang lebih rumit seperti catur, tentunya dengan
algoritma dan representasi berbeda.
Minimax yang merupakan salah satu metode penerapan (implementasi) pohon
n-ary pada suatu game, menandakan bahwa implementasi struktur (pohon khusunya)
sangatlah diperlukan pada pembuatan dan penerapan Artificial Intelligence, dan
tidak menutup kemungkinan ilmu dan metode baru yang lebih canggih akan
ditemukan di masa depan.
Beberapa karakteristik dan batasan game untuk game playing :
Dimainkan oleh 2 ( dua ) pemain: manusia dan komputer. Para pemain saling bergantian melangkah.
Dimainkan oleh 2 ( dua ) pemain: manusia dan komputer. Para pemain saling bergantian melangkah.
1.
Perfect Information Game
Kedua pemain sama-sama memiliki akses pada informasi yang lengkap tentang keadaan permainan, sehingga tidak ada informasi yang tertutup bagi lawan mainnya.
Kedua pemain sama-sama memiliki akses pada informasi yang lengkap tentang keadaan permainan, sehingga tidak ada informasi yang tertutup bagi lawan mainnya.
2.
No Determined by Chances
Tidak melibatkan faktor probabilitas, misalnya dengan menggunakan dadu.
Tidak melibatkan faktor probabilitas, misalnya dengan menggunakan dadu.
3.
No Phsychological Factors
Tidak melibatkan faktor psikologi, seperti "gertakan" (misalnya Poker)
Tidak melibatkan faktor psikologi, seperti "gertakan" (misalnya Poker)
4.
No Oversight Errors. Smart Opponen
Lawan diasumsikan pintar juga, jadi jangan mengharap lawan khilaf, sehingga terjadi salah langkah.
Lawan diasumsikan pintar juga, jadi jangan mengharap lawan khilaf, sehingga terjadi salah langkah.
5.
Beberapa contoh permainan yang biasa digunakan
sebagai contoh kasus Game Playintyle = "font-family:courier new;">
Last One Loses n
·
n-coins Grundy's Game
·
Slide-5
·
Tic-Tac-Toe
· Checkers
· Checkers
·
Go
·
Nim
·
Othello
·
Chess
Pengembangan Game
Perkembangan Game
yang pesat pada masa ini juga membutuhkan sesuatu yang berbeda pada rule
permainannya. Sebuah sistem game, jika sudah dimainkan sampai tuntas oleh
seorang player, maka ketika player yang sama memulai lagi permainan dari awal,
maka rule permainannya akan sama. namun berbeda untuk game-game yang telah ada
saat ini. sistem dalam game, dapat belajar mengenali pola permainan dari player
dan ketika player tersebut memulai permainan kembali, maka sistem ini akan
menggunakan rule yang berbeda untuk pemain yang sama ini. sehingga game menjadi
lebih menarik dan menantang untuk dimainkan.
Contoh aplikasi kecerdasan buatan dalam bentuk game sangat banyak sekali, ada yang berbentuk game PC, dan ada pula yang berbentuk game jaringan. Contoh aplikasi game yaitu game Tic Tac Toe. Game Tic tac toe adalah sebuah permainan yang menggunakan papan berukuran n baris dan n kolom sehingga ukuran papan menjadi n x n misalkan 3 x 3.
Contoh aplikasi kecerdasan buatan dalam bentuk game sangat banyak sekali, ada yang berbentuk game PC, dan ada pula yang berbentuk game jaringan. Contoh aplikasi game yaitu game Tic Tac Toe. Game Tic tac toe adalah sebuah permainan yang menggunakan papan berukuran n baris dan n kolom sehingga ukuran papan menjadi n x n misalkan 3 x 3.
Game ini merupakan
game yang mengasah kemampuan berpikir manusia, dimana setiap pemain harus
menyusun gambar secara vertikal, horizontal, miring kiri, dan miring kanan agar
memperoleh nilai. Apabila pemain tidak dapat membentuk formasi gambar yang
diinginkan maka permain dinyatakan kalah. Dan apabila pola gambar seimbang maka
permainan dinyatakan drow atau seri. Permainan ini mengasah kemampuan berpikir
sehingga para pemain harus melakukan tindakan yang baik dan memperhitungkan apa
akibat dari tindakan yang dilakukan tersebut.
Menggunakan Heuristik di Permainan
Game yang penting
tes-tempat tidur untuk algoritma heuristik. Dua-orang game yang lebih rumit
dari teka-teki yang sederhana karena mereka melibatkan lawan tak terduga.
o Minimax Prosedur
The Game of Nim: Sejumlah token ditempatkan
pada meja di antara dua lawan. Pada masing-masing gerakan pemain harus membagi
tumpukan token menjadi dua tumpukan tak kosong dari berbagai ukuran. Jadi, 6
token dapat dibagi menjadi 5 dan 1, 4 dan 2, tetapi tidak 3 dan 3. Pemain
pertama yang mampu bergerak kehilangan permainan.
Untuk sejumlah kecil
token ruang pencarian dapat dicari secara mendalam. Gambar berikut memberikan
ruang lengkap untuk permainan 7-token.
Dalam permainan dua-orang, Anda harus
mengasumsikan bahwa lawan Anda memiliki pengetahuan yang sama yang Anda lakukan
dan berlaku sebaik yang Anda lakukan. Jadi pada setiap tahap permainan Anda
harus menganggap lawan membuat langkah terbaik yang tersedia. Ini adalah dasar
dari prosedur minimax.
Dalam minimax, para
pemain yang disebut sebagai MAX (pemain) dan MIN (lawan). Keduanya mencoba untuk
memaksimalkan gerakan mereka. MAX pemain, mencoba untuk memaksimalkan nilainya.
Dan MIN adalah lawan mencoba untuk meminimalkan skor MAX.
Prosedur
Minimax pada Pencarian Ruang Lengkap
1.
Label setiap tingkat dari ruang pencarian sesuai dengan yang bergerak itu di
tingkat itu.
2.
Mulai di node daun, setiap label simpul daun dengan 1 atau 0 tergantung pada
apakah itu adalah kemenangan bagi MAX (1) atau MIN (0).
3.
Merambat ke atas: jika negara induk MAX, memberikan MAX anak-anaknya.
4.
Merambat ke atas: jika negara induk MIN, MIN memberikan anak-anaknya.
Pertimbangkan grafik
minimax untuk Nim permainan. Nilai di negara masing-masing mewakili nilai
negara terbaik yang pemain ini bisa berharap untuk mencapai. Nilai-nilai yang
diperoleh digunakan untuk memilih di antara alternatif bergerak.
o Heuristik Minimax
Untuk permainan yang
paling tidak mungkin untuk memperluas grafik untuk node daun. Sebaliknya
strategi n-pindah melihat-depan adalah digunakan. Ruang negara diperluas ke tingkat
n. Setiap node daun di subgraf ini diberikan nilai sesuai dengan fungsi
evaluasi heuristik. Nilai kemudian disebarkan kembali ke simpul akar. Nilai
disebarkan kembali mewakili nilai heuristik dari negara terbaik yang dapat
dicapai dari simpul tersebut.
Contoh: Program catur Samuel menggunakan
jumlah tertimbang sebagai fungsi evaluasi. Ini menggunakan algoritma
pembelajaran sederhana untuk menyesuaikan bobot setelah menang dan kerugian,
sehingga program perbaikan dari waktu ke waktu.
o Prosedur Alpha-Beta
Alpha-beta pruning
adalah prosedur untuk mengurangi jumlah perhitungan dan mencari selama minimax.
Minimax adalah pencarian dua-pass, satu lulus digunakan untuk menetapkan
nilai-nilai heuristik ke node pada kedalaman ply dan yang kedua digunakan untuk
menyebarkan nilai-nilai sampai pohon.
Alpha-beta hasil
pencarian secara mendalam-pertama. Sebuah nilai alpha adalah nilai awal atau
sementara terkait dengan node MAX. Karena MAX node diberi nilai maksimum antara
anak-anak mereka, nilai alpha tidak dapat menurunkan, hanya bisa naik. Sebuah
nilai beta adalah nilai awal atau sementara terkait dengan node MIN. Karena
node MIN diberi nilai minimum antara anak-anak mereka, nilai beta tidak pernah
dapat meningkatkan, hanya bisa turun.
Misalnya, alpha node
MAX = 6. Kemudian cari tidak perlu mempertimbangkan setiap cabang yang berasal
dari keturunan MIN yang memiliki nilai beta yang kurang-dari-atau-sama dengan
6. Jadi, jika Anda tahu bahwa node MAX memiliki alpha 6, dan Anda tahu bahwa
salah satu keturunan MIN yang memiliki beta yang kurang dari atau sama dengan
6, Anda tidak perlu mencari lebih jauh di bawah simpul MIN. Ini disebut
pemangkasan alpha.
Alasannya adalah
bahwa tidak peduli apa yang terjadi di bawah simpul MIN, tidak dapat mengambil
nilai yang lebih besar dari 6. Jadi nilainya tidak dapat diperbanyak sampai
dengan (alpha) orangtua MAX nya.
Demikian pula, jika
nilai beta node MIN itu = 6, anda tidak perlu mencari lebih jauh di bawah MAX
keturunan yang telah memperoleh nilai alpha dari 6 atau lebih. Ini disebut
pemangkasan beta.
Alasannya lagi
adalah bahwa apa pun yang terjadi di bawah simpul MAX, tidak dapat mengambil
nilai yang kurang dari 6. Jadi nilainya tidak dapat diperbanyak sampai dengan
(beta) MIN orangtua nya.
Aturan
untuk Alpha-beta Pemangkasan
· Alpha Pemangkasan:
pencarian dapat dihentikan di bawah setiap simpul MIN memiliki nilai beta
kurang dari atau sama dengan nilai alpha dari setiap leluhur MAX nya.
· Pemangkasan beta:
Pencarian bisa dihentikan di bawah setiap simpul MAX memiliki nilai alpha lebih
besar dari atau sama dengan nilai beta dari setiap leluhur MIN nya.
9.2. Mode Game AI
penjelasan singkat mengenai game mode yang ada di Mobile Legends.
Hampir sama dengan game MOBA yang lainnya, Mobile Legends juga memiliki beberapa game mode yang dapat pemain mainkan. Setiap pemain tidak hanya melulu harus bermain ranked game. Ada beberapa game mode yang disediakan untuk menambah keseruan atau untuk sekedar berlatih melawan komputer.
Kali ini kita akan membahas 2 game mode yang tersedia di Mobile Legends,
yaitu human vs ai dan custom mode. Kedua game mode ini tentu mengharuskan
pemainnya harus dalam keadaan online. Tetapi ada hal-hal yang musti kamu tahu
lho. Ternyata 2 game mode ini bermanfaat juga untuk menambah skill bermain.
Human vs AI
Game mode ini akan menghadirkan permainan 5 vs 5 sama seperti mode lain,
tetapi kita akan bermain bersama komputer dan melawan komputer. AI (artificial
intelligence) adalah hero yang otomatis digerakan oleh komputer untuk
melawan.
Biasanya human vs AI dapat kita
gunakan sebagai tempat latihan bermain atau mencoba karakter baru. Karena pada
game mode ini statistik permainan kita tidak akan terekam oleh Mobile Legends.
Selain itu kita juga dapat mengundang teman kita hingga 4 orang untuk menjadi
teman berlatih bersama melawan komputer AI.
Custom Mode
Ini dia game mode yang mungkin
paling jarang dimainkan oleh pemain Mobile Legends. Disini para pemain
dibebaskan untuk memilih lawan serta game mode yang diinginkan. Contohnya para
pemain dapat bermain sendiri tanpa ada hero lawan sekalipun, atau para pemain
dapat bertarung 1 lawan 1 dengan teman. Nanti para pemain juga dapat memilih
game mode seperti normat match ataupun brawl match.
Biasanya game mode ini digunakan
sebagai sarana turnamen. Karena kita dapat menentukan lawan dan kawan dengan
mudah serta dapat mengatur game mode sesuka hati.
9.3. Algoritma, Struktur Data dan
Representasi
Pengertian
Struktur Data
Struktur data adalah cara menyimpan
atau merepresentasikan data di dalam komputer agar bisa dipakai secara efisien.
Sedangkan data adalah representasi dari fakta dunianyata. Fakta atau keterangan
tentang kenyataan yangdisimpan, direkam atau direpresentasikan dalambentuk
tulisan, suara, gambar, sinyal atau simbol.
Struktur Data, meliputi:
- Struktur data sederhana, misalnya: Array dan Record
- Struktur data majemuk, yang terdiri
Linier :
Stack, Queue, serta List dan Multilist
Non Linier : Pohon Biner dan Graph
Pemakaian struktur data yang tepat di
dalam proses pemrograman akan menghasilkan algoritma yang lebih jelas dan
tepat,sehingga menjadikan program secara keseluruhan lebih efisien dan
sederhana.
Struktur data yang standar
yang biasanya digunakan dibidang informatika adalah :
- List linier (Linked List) dan variasinya
- MultilistStack (Tumpukan)
- Queue (Antrian)
- Tree ( Pohon )
- Graph ( Graf )
B.
Ciri-Ciri Algoritma
Ciri algoritma yang baik menurut
Donald E.Knuth:
- Input: ada minimal 0 input atau lebih
- Ouput: ada minimal 1 output atau lebih
- Definite: ada kejelasan apa yang dilakukan
- Efective: langkah yang dikerjakan harus efektif
- Terminate: langkah harus dapat berhenti (stop) secara jelas
Hubungan Struktur Data dan Algoritma
Dengan pemilihan struktur data yang
baik, maka problem yang kompleks dapat diselesaikan sehingga algoritma dapat
digunakan secara efisien, operasi-operasi penting dapat dieksekusi dengan
sumber daya yang lebih kecil, memori lebih kecil, dan waktu eksekusi yang lebih
cepat.
Tidak semua struktur data baik dan
sesuai. Contoh untuk problem data bank:
pengupdate-an harus cepat, sedangkan penambahan/penghapusan data boleh lebih
lambat.
9.4. Jenis
Game AI
Jenis-Jenis Game
1. Fun Games :
Permainannya
seperti skate board, bilyard, catur, puzzle, tetris, golf, Windows
Entertainment Pack Games dan semua permainan yang animasinya sedikit dan
pembuatannya relatif mudah. Permainan semacam ini terlihat mudah dari segi
grafiknya tetapi biasanya sulit dalam algoritma.
2. Arcade Games :
Semua
permainan yang mudah dimengerti, menyenangkan dan grafiknya bagus walau
biasanya sederhana. Pengertian mudah dimengerti dan menyenangkan dikarenakan
permainan ini hanyalah berkisar pada hal-hal yang disenangi umum seperti pukul
memukul, tembak menembak, tusuk menusuk, kejar mengejar dan semua yang mudah dan
menyenangkan.
Yang
termasuk kedalam permainan jenis ini adalah Prince of Persia, Street Fighter,
Golden Axe, Grand Prix, Robocop.
3. Strategic Games :
Biasanya
permainan strategi perang atau bisa juga permainan lain tetapi tetap saja
memerlukan strategi untuk memenangkannya seperti startegi bisnis dan strategi
politik.
4. Adventure Games :
Terbagi
atas tiga macam yaitu petualangan biasa (Multi Layered Adventur),
Dungeon-Underworld Adventure (3D Adventure) dan Roll Playing Game Adventure.
Grafik jenis permainan ini benar-benar sulit. Contoh beberapa permainan jenis
ini adalah Space Quest IV, Labyrinth of Word, War II dan Diablo.
5. Simulation Games :
Dari
semua jenis permainan yang ada, masing-masing memiliki tingkat kesulitan dan kemudahannya,
jika bukan algoritmanya maka akan mudah dalam hal animasinya, akan tetapi games
simulasi bisa disebut sebagai jenis permainan yang paling sulit, baik algoritma
pembuatannya maupun animasinya. Permainan jenis ini juga yang paling membuat
pusing dibandingkan dengan permainan jenis lainnya.
Algoritmanya
sangat sulit sebab harus memperhitungkan semua kejadian dalam kondisi
sebenarnya. Berbagai efek animasi yang dibuat tidak cukup bermodalkan ahli
grafik dan algoritma saja, tetapi sedikitnya harus mengerti persoalan
matematika, teknik dan fisika. Contoh permainan jenis ini adalah Stellar7, F-15
Strike Eagle, Flight Simulator 98, F-14 Tomcat, F-16 Falcon, Jet Fighter.
Game AI adalah aplikasi untuk
memodelkan karakter yang terlibat dalam permainan baik sebagai lawan, ataupun
karakter pendukung yang merupakan bagian dari permainan tetapi tidak ikut
bermain.
Peranan
kecerdasan buatan dalam hal interaksi pemain dengan permainan adalah pada penggunaan
interaksi yang bersifat alami yaitu yang biasa digunakan menusia untuk
berinteraksi dengan sesama manusia. Contoh media interaksi ialah :
- Penglihatan (vision)
- Suara (voice), ucapan (speech)
- Gerakan anggota badan ( gesture)
Contoh game AI
FPS (First Person Shooter)
Game First Person Shooter (fps) adalah salah satu jenis game (genre) yang digemari menggunakan
pandangan orang pertama di mana pemain seolah-olah menjadi karakter utama dalam
game yang berpusat pada permainan di sekitar senjata-senjata dan peluru tempur.
First Person Shooter jenis 3D game shooter yang menampilkan orang pertama
sudut pandang dengan pemain yang melihat aksi melalui mata karakter permain.
Tidak seperti orang ketiga penembak yang terlihat dari bagian belakang atau
samping, yang memungkinkan gamer untuk melihat karakter mereka mengendalikan.
Elemen desain utama adalah pertempuran, terutama yang melibatkan senjata api.
Orang jujur pertama dapat dianggap sebagai genre yang berbeda dalam dirinya
sendiri, atau jenis permainan penembak, pada gilirannya sebuah subgenre yang
lebih luas permainan aksi genre.
Counter-strike merupakan game yang
diakui paling keren oleh para gamer seperti pada survey oleh salah satu forum
IT Telkom. Dan yang perlu ketahui, game ini merupakan modifikasi total dari
game Half-Life. Game ini mengusung beberapa senjata yang benar-benar ada di
dunia nyata dan beberapa masih operasional di kesatuan militer. Counter-strike
membawa banyak perubahan yang sangat berarti pada gameplay FPS multiplayer masa
kini. Dibanding menggunakan metode “kill them all” ala Quake atau Half-Life,
Counter-strike menerapkan “team based” gameplay, yang artinya setiap pemain
harus bergerak secara tim dan mementingkan kerjasama tim. Hal ini ternyata
sangat disukai konsumen, moding Counter-strike meledak dipasaran. Bahkan sampai
saat ini Counter-strike dengan berbagai turunannya masih menjadi game yang
selalu hadir di kompetisi electronic sport di seluruh dunia.
9.5. Kecepatan
dan Memori
Berdasarkan kecepatannya memory
ada 4 macam yaitu :
1. REGISTER MEMORY
Merupakan jenis memory dimana kecepatan acces yang
paling cepat, memory ini terdapat pada Cpu/processor.
Contoh :
Register data, register alamat , stack pointer
register, Memory Address Register, I/O Address Register, dll.
2. CACHE MEMORY
Memory berkapasitas terbatas,berkecepatan tinggi
yang lebih mahal dari pada memory utama.Cache
memory ini ada diantara memory utama dan register pemroses, berfungsi agar
pemroses tidak langsung mengacu pada memory utama agar kinerja dapat
ditingkatkan.
Cache memory ini ada 2 macam yaitu :
1. Cache memory yang terdapat pada internal
Processor, cache memory jenis ini kecepatan accesnya sangat tinggi ,dan
harganya sangat mahal.Dapat dilihat pada
processor seperti P4,P3,AMD-ATHLON dll. Semakin tinggi kapasitas L1,L2 Cache
memory maka semakin mahal dan semakin cepat processor.
2. Chace memory yang terdapat diluar processor ,
yaitu berada pada Mother board , memory jenis ini kecepatan aksesnya sangat
tinggi meskipun tidak secepat cache memory jenis pertama (yang ada pada
internal prosesor). Semakin besar kapasitasnya maka semakin mahal dan cepat.
Kapasitas chace memory yaitu 256 kb,512 kb,1 Mb, 2 Mb dll.
3. MEMORI UTAMA
Memori ini berfungsi untuk menyimpan data dan
program.
Jenis memori utama yaitu:
-Random Access Memory (RAM)
Random Access Memory (RAM), atau biasa juga disebut
memory, adalah suatu alat komputer (perangkat keras/hardware). Ram merupakan
salah satu jenis alat penyimpanan data pada komputer atau media elektronik
lainnya.
- FPM RAM (Fast Page Mode DRAM)
Merupakan model memory DRAM yang sudah sangat tua
(hasil pengembangan SIM RAM nenek moyangnya RAM) ditemukan pada sekitar tahun
1987 akses pemoresesan data dalam memory menjadi sangat lambat,
2. EDO RAM (Extended-Data-Out RAM)
EDO RAM memiliki fungsi seperti RAM, akan tetapi
jenis ini mempunyai kemampuan kerja sangat tinggi dan cepat dalam membaca dan
mentransfer data.
3. SD RAM (Synchronous Dynamic RAM)
SDRAM adalah memori yang dapat mengases data atau
informasi lebih cepat dari EDO-RAM. Bentuk SDRAM adalah DIMM (Dual Inline
Memory Module).
4.RD RAM (Rambus Dynamic RAM)
RDRAM adalah sebuah memori berkecepatan tinggi,
digunaan untuk mendukung prosesor Pentium 4.
5. DDR RAM (Double Data Rate RAM)
DDR SDRAM adalah tipe memori generasi penerus
SDRAM, yang memiliki kemampuan dua kali lebih cepat dari SDRAM.,
-Read Only Memory
Only Memory (ROM) adalah suatu himpunan dari chip yang berisi bagian dari
sistem operasi yang mana dibutuhkan pada saat komputer dinyalakan. ROM juga
dikenal sebagai suatu firmware.
Ada 4 macam ROM, yaitu:
– PROM
programmable read only memory.
Yaitu rom yang bisa kita program kembali dengan catatan hanya boleh satu kali
perubahan setelah itu tidak dapat lagi deprogram.Chip
PROM adalah suatu chip yang kosong yang mana program dapat dituliskan ke
dalamnya dengan menggunakan suatu peralatan khusus..
– RPROM
Re progamable ROM.Merupakan
perkembangan dari versi PROM dimana kita dapat melakukan perubahan berulang
kali sesuai dengan yang diinginkan.
– EPROM
Erasable programmable read only
memory. EPROM mirip dengan PROM, tetapi program dapat dihapus dan program yang
baru bisa dituliskan ke dalamnya dengan menggunakan suatu peralatan khusus yang
menggunakan sinar ultraviolet. EPROM digunakan untuk controlling device,
seperti robot dan sebagainya.
– EEPROM
Electronic erasable programmable
read only memory. Chip EEPROM dapat diprogram ulang dengan menggunakan suatu
electric impulses yang khusus. Mereka tidak perlu dicabut atau diubah.
4. MEMORI SEKUNDER
Memori sekunder merupakan memori
tambahan yang berfungsi untuk menyimpan data atau program .contohnya :
hardisk,floppy disk,disket, flashdish,dll
9.6. AI Engine
Pengertian
Artificial Intelligence, dapat ditinjau dari dua pendekatan, yaitu pendekatan
ilmiah (a scientific approach) dan pendekatan teknik (an engineering
approach). Dimana menurut pendekatan Ilmiah yaitu pendekatan dasar ilmiah
timbul sebelum invansi ke komputer, hal ini tidk sama dengan kasus mesin uap. Pendekatan
ilmiah ini melihat batas sementara dari komputer dan dapat diatasi dengan
perkembangan teknologi lanjutan. Sedangkan menurut pendekatan teknik, yaitu
usaha untuk menghindari definisi AI, tetapi ingin mengatasi atau memecahkan
persoalan-persoalan dunia nyata.
SUMBER:
Tidak ada komentar:
Posting Komentar